Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Teknik Dasar Bola Voli?

Apakah Anda menyukai olahraga? Salah satu jenis permainan yang sangat populer adalah bola voli. Dalam memainkannya ialah beregu dan terbagi menjadi dua tim. Supaya bisa menguasainya, maka ketahuilah sejumlah teknik dasar bola voli.

Teknik Dasar Bola Voli

Bola voli menjadi olahraga yang sangat populer dan familiar di kalangan masyarakat. Maka, tidak mengherankan jika ada kompetisi mulai dari tingkat desa. Agar bisa mahir memainkannya, maka ketahui dahulu sejumlah teknis dasar seperti berikut ini.

1.  Teknik Dasar Servis

Teknik utama yang menjadi dasar bermain bola voli adalah servis. Dalam melakukannya, pemain juga harus menguasai sejumlah cara, seperti top (atas) dan bawah. Pada setiap strategi tersebut juga masih ada beberapa bentuk melakukan pukulan pertama tersebut.

Melakukan teknik service adalah pada awal permainan. Apabila berhasil masuk ke daerah lawan akan mendapatkan poin, namun juga jadi pelanggaran sebab beberapa faktor. Sejumlah contoh tekniknya ialah floating overhead, jumping service, overhand round-housee, dan servis bawah.

2.  Teknik Dasar Passing

Gerakan yang sangat penting berikutnya adalah mampu menyebrangkan bola ke daerah lawan. Hal tersebut, juga mempunyai tujuan seperti, menerima, menahan, hingga mengendalikan bola servive dar pemain lawan. Biasanya mempunyai dua jenis, yakni passing bawah dan atas.

Dalam teknik passing atas, maka pemain akan memberi umpan dari toser untuk kemudian teman melakukan smash. Ini juga terbagi menjadi dua macam, yaiitu normal dan setinggi wajah. Sedangkan passing bawah terdiri dari sau tangan serta dua tangan.

3.  Teknik Dasar Blocking

Pada permainan beregu sebanyak 6 orang per tim ini juga membutuhkan teknik menutup atau mencegah serangan lawan, yakni dapat berupa smash. Biasanya orang yang melakukan cara ini adalah mereka dengan postur tubuh tinggi sehingga mampu menahan secara baik.

Melakukan blocking tidak hanya tentang menutup saja, namun dalam praktiknya cukuplah rumit dan sulit. Pemain harus mampu membaca situasi mengenai kapan lawan melakukan smash atau gerakan tipuan. Maka dari itu, pastikan selalu dekat net, siap-siap melompat, serta lompatlah setinggi mungkin.

4.  Teknik Dasar Smash

Pada teknik dasar bola voli berikutnya ialah yang paling identik dengan olahraga ini, yakni smash. Hal tersebut karena ketika pemain melakukan spike, biasanya akan membuat gerakan sangat powerful sehingga mampu menjadi andalan dalam memperoleh skor tambahan.

Teknik Dasar Bola Voli
Meksipun terlihat mudah, teknik smash nyatanya sangat sulit. Sebagai pemain, harus mampu mengetahui posisi pas dalam melakukannya serta tembakan tepat sasaran. Selain itu, Anda juga memiliki fokus agar dapat sampai melewati blocking ketat dari tim lawan.

5.  Teknik Attacking

Dalam permainan bola voli kemenangan ditentukan oleh poin. Dengan demikian, salah satu teknik supaya mampu menyerang lawan ialah melakukan serangan. Tidak hanya melakukan spike atau smash biasa, Anda juga dapat melakukan sejumlah cara, sepeerti heat, off-speed, back row attack, roll shot, dan lainnya.

Salah satu contoh yang bisa Anda terapkan ialah tip. Pada gerakan ini terjadi ketika melakukan spiking atau smash. Namun, alih-alih mengutamakan pukulan kuat, justru serangan tersebut hanya menyentuh ujung bola saja. Startegi tipuan itu biasanya paling sering pemain gunakan untuk mengecoh lawannya.

Itu dia ulasan tentang sejumlah teknik dasar bola voli. Sebagai orang yang menyukai olahraga tersebut atau bercita-cita menjadi atlet profesional, maka harus mampu menguasai teknik-teknik itu. Dengan begitu, bisa lanjut ke jenjang berikutnya. Semangat berlatih dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Teknik Dasar Bola Voli?"